Jumat, Maret 16, 2012

workshp with TERE LIYE

Kamis, 15 Maret 2012

Gak sabar pengen menceritakan pengalaman seru mengikuti workshop kepenulisan bersama Tere Liye, terus terang terang terus, niat awal ngikut acara ini cuman buat bertemu bang Tere Liye, salah satu penulis favoritQ. skalian minta tanda tangan + foto doang, hehehe, namun setelah di tempat acara, setelah melihat secara live "tere liye", niat tiba2 berubah, alhamdulillah yah :D
gak nyangka aja style bang Tere Liye mirip anak kampus, jauh dari kesan formal. Mungkin di sesuaikan dengan peserta kali yee, yang rata2 anak mahasiswa:), dengan topi kupluk, baju kaos bertuliskan "hafalan shalat Delisa", celana jeans + sendal jepit, seakan tidak ingin dirinya djadikan "idol", dan berusaha berbaur dengan peserta, dan tiba-tiba kalimat pertama yang dia tanyakan membuatQ tersenyum lebar "coba angkat tangan di antar kalian , ada yang datang ke sini cuman buat bertemu degan saya, minta tanda tangan + foto???haaaa dia seakan mampu membaca niat awal saya kesini wkwkwk, yaa gengsi dong klo harus ngacung, walaupun ada 2 peserta juga yg ngacung, niat berubah plus2, mau kesini yah mau belajar nulis bang.
okay, karena waktu yang tidak banyak plus ruangan yang makin panas, maka langsung aja bang "Tere Liye" memulai workshop kepenulisan dengan tema " PERCAYALAH, MENULIS ITU MUDAH".

ada beberapa tips menulis yang baik yang dishare bang Tere ,yaitu :

1. ide cerita/ tulisan bisa apa saja !

di mulai dengan sedikit latihan , buatlah paragraf pedek dengan kata MULUT, HITAM, VALKOVSKY
tulisan pun mulai dbacakan satu persatu oleh bang Tere, ada yang sukarela, ada yang gak ikhlas, bahkan ada yang ditungguin, sampe keringatan entah karena ruangan yang panas atau karena grogi sampe tulisannya selesai.hehehe, bang Tere cuman bilang, harusnya kalian bersyukur, tulisannya bisa saya bacain, saya kadang gak punya waktu,karena banyak banget para penggemarnya yang ngirim tulisannya ke emailnya hanya nunggu buat dibaca dan di comment, alhamdulillah yah :D
jadi intinya, seorang penulis yang baik, adalah penulis yang selalu mempunyai sudut pandang yang special, dan gak selamanya yang special itu mesti pake telor grrrrrrrrr, ternyata bang Tere orangnya sangat humoris :D

2. penulis membutuhkan amunisi

"bagaimana mengisi gelas kosong kalau tekonya juga kosong" , perumpamaan yang sangat mengena, intinya penulis yang baik selalu pandai membaca, menganalisa, mencatat, mendengar, mengobservasi,mengumpulkan & merekontruksi tulisan.

3. tidak ada tulisan yang buruk/bagus

tidak semua buku best seller , di cetak berulang-ulang, mendapat award bahkan sampai di filmkan itu bagus, semua tergantung selera anda.

4. gaya bahasa adalah kebiasaan, kalimat pertama adalah pekerjaan mudah, dan menyelesaikan tulisan adalah lebih gampang.

banyak yang bertanya, untuk memulai sebuah tulisan itu sangat sukar???right, bagikupun sama, setiap ingin memulai menulis, selalu terhambat dengan kalimat pertama, bagaimana memulainya..hufft, namun bang Tere kemudian , menjelaskan dengan bahasa simple,"jika kamu kesulitan memulai, maka langsung saja pada isinya, jika masih susah, langsung pada endingnya.

5. Mulailah dari tulisan kecil, pendek tapi bertenaga, sederhana tapi bermanfaat

6. Mood jelek adalah anugerah, tetapi selalu ber-mood jelek ada yang bermasalah

lupakan plot, kerangka, outline etc, mulailah menulis seperti menari


inti nya, marilah kita berlatih berlatih dan berlatih untuk menulis, minimal menulis diary atau blog ya, hehehe. kata bang Tere gak ada yang gak bisa menulis semua bisa koQ, intinya sering-sering aja isi tekonya, bisa dengan membaca, mendengar & memperhatikan sekeliling kita, pasti banyak hal yang menarik yang bisa di jadikan sebuah tulisan, kembali pada point 5 di atas, memulai dari sebuah paragraf pendek yang penting berisi(special), tulisan yang sederhana yang penting bermanfaat bagi yang membacanya....moga-moga tips2 dari bang Tere bermanfaat, buat kita semua. amin:)
oh iya, sesi terakhir di tutup sesi tanda tangan + foto bareng, nih yang paling di tunggu semua peserta:D



2 komentar:

  1. Jadi...skrg bgmn...??kyaknya sdh termotivasi tuk menulis...,kmu pasti bisalah...:) kata bang TERE Bohong lho klo nda bs nuls...hehehe

    BalasHapus
  2. akhirnya, mulai diisi lagi ini blog..

    BalasHapus