Minggu, Desember 18, 2011

autumn trip to south korea.....day 2

16 Nov 2011

hari ini itinerary nya Seoul City Tour dengan Bus Wisata. the blue house-museum-Gyeongbokgung Palace-the national folk Museum of korea-Gwanghwamun sQuare-Cheonggyecheon stream-lunch-namsan hanok village-Nseoul Tower + Teddy Bear Museum-namdaemun-dinner.

kami dsuruh berkumpul jam 10.00 pagi, di depan penginapan, sambil menunggu 4 peserta lagi yang naik Malaysian Air yang belum datang. jumlah peserta trip kali ini 38 orang, 3 diantaranya "namja"(cowok), sembari bersiap-siap dikamar 105, tiba-tiba ada yang mengetuk pintu kamar & mengatakan ada telepon dari incheon, saya langsung bergegas turun ke lobby penginapan, dan bla bla bla, Mr Sea (pemilik penginapan) berbicara dengan asistennya "mr.Bambang" dalam bhs korea yg aku jg gak mengerti artinya, setelah menunggu 15menit kmudian saya terhubung dengan "ahgassi"dari incheon yg berbicara dalam bahasa inggris, yang kurang lebih artinya.."koper anda sdh dtemukan, dan baru bisa diantarkan sebentar sore", alhamdulillah, akhirnya kopernya ketemu, yah gak apalah di antar sorean, yang penting sudah ketemu. alhamdulillah, akhirnya saya bisa lebih enjoy hari ini, tanpa ada beban mikirin pake baju apa lagi buat besok(tentang tragedi ini, lebih jelasnya baca di day 1)...^^..
jam 10.00 tour guide kami, Mr. Alex udah tiba dengan bus wisata, rombongan udah lengkap 38org, kami sudah gak asing lagi satu sama lain karena sebelumnya sudah biasa berhubungan lewat FaceBook, jadi walaupun baru pertama kali ketemu tapi rasanya sudah kenal sebelumnya..^^...
tempat pertama yang kami kunjungi adalah national palace museum of korea, wow excited bgt, ngeliat view spnjang jalan, yang penuh dengan pohon-pohon yang sebagian daunnya masih merah kekuningan, sebagian yang lain udah rontok, karena memang pertengahan November daun-daun sudah berguguran. subhanallah, gak ada tempat yg tidak bagus, semua menarik buat setting foto-foto.

Depan museum sejarah korea

Mr Alex menjelaskan bhwa museum ini merupakan museum yang berisikan sejarah istana2 pd saat kekaisaran joseon.di dlmnya juga terdapat layar2 tv & pigura yg menjelaskan sejarah, sport, budaya, makanan, sampe drama2 korea yg pastinya sdh tdk asing bagi para "korean wave".

suasana di dalam museum

saya kurang menyimak lagi penjelasan dari Mr. Alex, saya lebih tertarik untuk mengexplore museum, deket pintu keluar museum ada "ahjumma" yang memakai hanbok (baju tradisional korea) yang lagi nyuguhin teh(sample) buat para pengunjung yg ingin mencobanya, saya pun mengambil segelas teh(fermented green tea) & sumpah pahiiiiit bgt, dan selain itu ada jg dicontohin ritual semacam "upacara"minum teh, menarik banget...^^..

next, the blue House . sayang gak bisa masuk, jadi cuman lewat doang, sambil foto background "the blue house".
berfoto dengan background "blue house"

next gyengbokgung palace, yang lumayan deket dari the blue house. wow wonderful place. jd inget bangunan didrama saeguk, akhirnya bisa melihat secara langsung istana tertua pd zaman dinasti Joseon. Mr Alex menjelaskan bahwa dahulu kala Raja punya bnyak selir, namun setelah mereka "married" raja mempunyai kediaman sendiri & tidak tidur seranjang dengan istrinya (biasa kan liat di drama saeguk memang seperti itu..^^..),kita diberi waktu kurang lebih 2jam untuk mengexplore Gyeongbokgung palace & berkumpul kembali dtempat meeting point depan pintu masuk Gyeongbokgung PaLace.

Gyeongbokgung palace

tidak jauh dari gyeongbokgung palace, ada lagi 1 museum, yaitu the national folk museum of korea, museum yg memamerkan budaya & tradisi bngsa korea dari jaman dahulu-sekarang.

depan "national folk museum of korea" with mba Claudia Kaunang

next gwanghwamun Square

dtempat ini terdapat patung King Sejong (yang menciptakan hangeul) & admiral Yi Sun Shin(laksamana yg menaklukkan perahu-perahu Jepang pada perang Myeongrang). sayang bgt, hnya jam-jam tertentu aja air mancur music nya di mainkan & kami tdk sempat mnikmatiya :(

patung King Sejong

admiral Yi Sun Shin

next Cheonggyecheon stream

karena smua lokasi yg kami kunjungi hari itu berdekatan, jadi semuanya dtempuh hanya dengan jalan kaki, gak jauh juga dari lokasi gwanghwamun tadi kami menuju Cheonggyecheon stream yaitu sungai kecil sepanjang kurang lebih 5km, yang membelah pusat kota Seoul. kebetulan pada kunjungan kami pertengahan november kemaren sedang dilaksanakan festival tahunan, yaitu seoul lantern festival 2011, di sepanjang sungai cheonggyecheon. sayangnya karen masih siang jadi lenteranya belum dinyalakan,saya berjanji sama temen akan datag kembali pada malam harinya, menikmati festival tahunan masyarakat korea ini. kapan lagi..hehe

Cheonggyecheon stream

seoul lantern festival in cheonggyecheon stream

setelah foto & istirahat dicheonggyecheon stream, kemudian kamipun naik bus tour kembali ke restoran untuk makan siang(lupa nama restonya..), menu siang itu adalah Bulgogi..nyummy(kali ini sesuailah dengan lidahQ).
setelah makan siang, destinasi berikutnya yaitu Namsan Hanok Village, dsini kita bisa melihat replika-replika rumah kuno khas korea(hanok). karena sudah capek juga + kamera udah low battery, jadinya saya gak terlalu mengexplore lokasi sekitar Namsan Hanok Village.
Next, bus tour mengantar kami ke lokasi favoritQ, yaitu Namsan Seoul tower+teddy bear museum, pas tiba dNamsan udah jam 4 sore, saya juga belum shalat, akhirnya saya & Diana(salah satu peserta trip), mencari lokasi yang bisa djadikan tempat sholat, setelah sholat say mencari Nina(parther saya buat photo session),hehe. stelah Nina ketemu, kamipun Nina mengexplore sekeliling Nseoul tower, mulai dari pohon gembok cinta(locks of love tree),ternyata si Nina sudah bawa gembok dari Indonesia & sudah nulis "make a wish" nya, niat banget..hehehe. satu lagi yang Nina pengen liat, yaitu lokasi dmana Gu Jun Pyo nunggu Geum Jandi pas mau ngedate(drama Boys Before Flower), jadi kita pun berfoto di lokasi pas Jun Pyo duduk..wkwkwk.

bareng Nina dengan background "gembok cinta"

nungguin Jun Py0 lewat..^^...

setelah puas foto, kamipun bergabung kembali dgn rombongan yang akan naik ke observatory/tower by lift. sembari mengantri dlift kamipun mnikmati gambar 3D yang terus berganti & ketika memasuki lift bagai memasuki dunia lain, terpana dengan music & efek 3D dari gambar yang terdapat pada bagian atas lift nya. di tower ini juga terdapat souvenir shop, kantor pos & teropong (Qt bisa melihat view seoul dari atas).

namun tidak terlalu lama kami berada di atas, kmudian trun & lanjut ke Teddy bear museum yg memang berada satu lokasi dengan Nseoul Tower.
di museum Teddy bear ini ada ratusan boneka beruang yang dibuatin jadi berbagai macam aktivitas. seperti ada yang sedang belajar, ada ritual pesta pernikahan sampe replika raja nya, lucuuu buanget..^^...

next Namdaemun
Namdaemun, merupakan area shopping buah tangan (oleh2) yang paling murah. karena hanya diberi waktu kurang lebih sejam, makanya kami gak sempat terlalu explore lokasi ini, jadinya saya juga hanya fokus nyari oleh2. gantungan kunci 1 set (10buah) hanya seharga 8.000 won (Rp 64.000), jadinya saya hanya beli gantungan kunci 5 set.
yah gak kerasa udah malam, jadinya waktunya pulang, kami kembali ke penginapan. kata mbak Claudia Kaunang , dinner kali ini special karena kami dtraktir oleh Mr. Sea, tapi sayangnya Mr. Alex udah pamitan pulang duluan & tidak bs menemani kami dinner malam itu & sayangnya lagi Mr. Alex tidak bisa menemani kami sebagai tour guide, karena ada job lain juga, yaitu mengantar turis dari Singapore. jadi cuma hari ini saja kami di kawal oleh Mr. Alex & mulai besok kawannya yg akan menggantikan tugasnya sebagai guide...so sad:(
kali ini kami dinner, di KYOCHON lokasinya tdk jauh dari penginapan. menu malam itu yaitu kentang goreng, ayam madu+pedas & salad sayur...kyaaaaa gak ada nasi. pi ayam madunya uenak buanget. jadinya malam itu rame bgt coz Mr Sea ngajakin juga 2 temen nya.yaitu Mr Jun & Mr. Min

Mr. Sea (pemilik penginapan) & Mr. Min(yg pake kacamata)

Setelah dinner, ada sebagian temen trip yang masih lanjut buat jalan2 ngexplore seoul, tapi saya langsung pulang ke penginapan. saya sudah cukup lelah hari ini. alhamdulillah begitu sampai di penginapan langsung melihat koper mickey, yang ternyata sudah di anter tadi sore sama pihak bandara. kamsahamnida..^^..langsung segera ke kamar buat bongkar isi koper, soalnya smua stok pakaian & makanan yang saya bawa juga ikut di koper, hehehe. alhamdulillah smua lengkap, gak ada satupun yang hilang. petualangan hari ini sampe disini aja yah, istirahat buat schedule besok.